01. Latar Belakang & Solusi

LiteraCI merupakan platform yang diinisiasi oleh Ibu Dr. phil Nurhening Yuniarti, S.Pd.,MT. Platform ini merupakan aplikasi media pembelajaran berbentuk Progressive Web Apps (PWA) yang berfungsi sebagai layanan edukasi yang menyediakan berbagai macam pembelajaran digital khususnya Literasi Keuangan Syariah.. Karena platform ini mengimplementasikan PWA yang dapat dimuat seperti layaknya mobile apps, diharapkan para siswa dapat belajar lebih fleksibel, mempelajari materi yang lebih lengkap, dapat diakses dari mana saja, dapat membangun semangat dan inisiatif melalui program-program yang menarik baik dari platform maupun dari konten menarik yang tersedia.

Pengguna pada aplikasi ini terbagi 2 (dua) yaitu guru dan siswa. Pada aplikasi ini, guru dapat melakukan manajemen terhadap materi dan siswa yang terdaftar di dalamnya. sedangkan siswa dapat mendaftar untuk memperoleh materi yang terdapat pada aplikasi. Sebagai reward, terdapat penghargaan berupa sertifikat untuk siswa apabila berhasil menyelesaikan suatu materi pembelajaran.

Divistant sebagai mitra pengembangan platform LiteraCI memberikan solusi dalam pengembangan fitur seperti mengemas tampilan aplikasi PWA supaya lebih responsive, aman, dan tidak membutuhkan resource yang besar. Selain itu, terdapat metode authentikasi, sertifikat, dasar course pembelajaran seperti materi, quiz, tugas, dan sebagainya. Kami telah melakukan observasi dan diskusi dengan user untuk mendapatkan objektif pengembangan dengan menggunakan platform berbasis PWA, sehingga user dapat mengakses aplikasi tersebut dalam kondisi dan perangkat apapun.

02. Proses Pengembangan

Bersama tim LiteraCI kami berkolaborasi membangun platform. Divistant berperan dalam pengembangan platform, tim internal LiteraCI berusaha menyusun konten. Kami memulai proyek dengan memahami kebutuhan pengguna, melakukan desain fitur dan tampilan, melakukan pengembangan platform, pengujian, hingga perilisan aplikasi.

03. Hasil Pengembangan

Hasil sangat memuaskan pada bagian tampilan dan fitur LiteraCI. Terdapat beberapa bagian konten yang masih dalam pengembangan, hal tersebut menjadi salah satu peran pengelola konten LiteraCI.