01. Latar Belakang & Solusi

Untuk menunjang pengembangan inovasi mahasiswa mengenai media pembelajaran, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Program Pengalaman Belajar Mahasiswa di Luar Kampus (PPBMLK) bidang Business Entrepreneur guna mengimplementasikan inovasi mahasiswa dan disalurkan kepada masyarakat pelaku pendidikan di Indonesia. Salah satu inovasi tersebut adalah mengembangkan sebuah aplikasi digital yang berbasis pendidikan dengan konsep virtual tour, yaitu eduwalkcation.id. Aplikasi ini berisi tentang materi Biologi SMP yang dilengkapi quiz dan game yang berkaitan dengan materi tersebut. Sasaran dari pembuatan aplikasi ini adalah siswa SMP dan seluruh masyarakat umum. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini yaitu untuk memfasilitasi siswa dalam belajar dan meningkatkan literasi terutama dalam pembelajaran Biologi. Aplikasi ini perlu dikembangkan karena belum ada aplikasi pendidikan berbasis virtual tour yang menarik minat literasi siswa.

02. Proses Pengembangan

Proses pengembangan eduwalkcation.id oleh tim Divistant dimulai dari analisis dengan mengumpulkan informasi dari client dan berdiskusi mengenai kebutuhan pembuatan aplikasi ini dengan memberikan beberapa solusi agar memaksimalkan konsep yang telah dibuat sebelumnya. Selanjutnya tim membuat perancangan aplikasi menjadi rencana kerja dalam bentuk product backlog diantaranya membuat design 3D untuk assets virtual agar tampilan pada aplikasi eduwalkcation.id membuat pengguna tertarik karena terdapat teknologi virtual reality tersebut.

Kemudian merancang pembuatan fitur utama yang berisi maps, penyajian materi, quiz, dan games menarik yang dibuat sendiri oleh tim Divistant. Selanjutnya karena client mengusung konsep entrepreneur, tim memberikan solusi terkait payment method yang flexible dan memiliki potensi bisnis kedepan jika client melakukan pengembangan berkelanjutan kedepannya. Sebelum dilakukan proses release, tim melakukan pengujian terkait sistem dan kemudahan pengguna.

03. Hasil Pengembangan

Hasil sangat memuaskan pada bagian tampilan 3D virtual dan fitur yang tersedia. Terdapat beberapa bagian konten yang masih dalam pengembangan, hal tersebut menjadi salah satu peran pengelola konten dari pihak Edu Walkaction.