Cloud Technology Education Technology

Cara install aaPanel di Ubuntu

Pendahuluan

Apa itu control panel? tool yang berfungsi untuk manajemen layanan hosting yang kita miliki,control panel dipilih karena tampilannya yang grafis dan web based sehingga memudahkan kita untuk manajemen server daripada menggunakan CLI(text based).

Mengapa memilih aaPanel? aaPanel dipilih karena beberapa pertimbangan salah satunya tidak memakan banyak resource sehingga dapat menghemat memori kita. karena resource yang kecil maka akan sangat cocok untuk hosting kita yang memiliki kapasitas terbatas.selain itu aaPanel juga memiliki penampilan yang bagus.tidakhanya itu aaPanel juga memebrikan SSL gratis untuk website nya.

Konfigurasi

Bagaimana instalasi aaPanel?
  1. Untuk mendapatkan petunjuk instalasi nya dapat kita lihat di https://forum.aapanel.com/d/9-aapanel-linux-panel-666-installation-tutorial .kita perhatikan apakah system yang kita miliki memenuhi standar. 

2. Setelah itu kemudian remote server kita menggunakan ssh,login menggunakan ssh key. 

3. kemudian kita tinggal copy paste saja command yang disediakan untuk melanjutkan proses installasi aaPanel.Kemudian tunggu proses instalasi hingga selesai.

4. Setelah instalasi selesai perhatikan dan catat baik baik informasi yang diberikan agar kita bisa login ke aaPanel.

5. Kemudian kita tinggal buka aaPanel nya dengan mengetik http://alamat ip:8888/koderandom(security entranse code).atau lebih mudahnya anda tinggal copas alamat yang deberikan setelah instalasi selesai.ketika mengakses kita harus memasukan security entrance code,tetapi jika kita tidak ingin repot kita bisa menghapus di /www/server/panel/data/admin_path.pl

6. Tampilan dashboard aaPanel.

Penutup

aaPanel bisa menjadi pilihan ketika anda memerlukan control panel yang ringan dan bersifat gratis. aaPanel telah cukup menjadi sebuah control panel dengan segala fitur nya, akan tetapi masih ada beberapa fitur yang belum tersedia di aaPanel. Hal itu menjadi pertimbangan bagi anda sendiri untuk memilih menggunakan aaPanel. Sekian 

Author

Divistant

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *